animasi-bergerak-selamat-datang-0112
animasi-bergerak-selamat-datang-0112
animasi-bergerak-selamat-datang-0112

Selasa, 22 Maret 2016

SABLON

semangat pagi......
hari ini kami SAKTI KREASI mau berbagi info tentang Sablon.

Sablon....!!!  mendengar kata ini mungkin kita langsung berpikir baju kaos yg ada gambar atau tulisannya... hehe
padahal sablon bisa di aplikasikan ke berbagai media sesuai dengan keinginan dan kebutuhan....seperti kertas, kulit, plastik, besi, kramik, dan lain sebagainya...
 
 Sablon juga dapat kita bagi dua ;

1. Sablon manual
Sablon manual merupakan proses atau teknik sablon yang dalam pengerjaan dilakukan oleh tenaga manusia (handmade), dalam proses pengerjaannya harus memiliki keterampilan khusus dan pengalaman yang cukup lama untuk menghasilkan kualitas yang terbaik, sablon manual tidak dibatasi pada media apa, bahkan tenik ini lebih variatif dan penuh dengan kreatifitas si pembuatnya, dibandingkan dengan sablon digital yang terbatas pada beberapa media tertentu saja dan monoton, biayanya cukup terjangkau, namun proses pengerjaannya cukup memakan waktu yang lama apalagi untuk pemula.
Pda postingan berikutnya akan kami bahas tentang proses sablon manualnya.....oke


2. Sablon digital
Sablon digital merupakan proses atau teknik sablon yang dalam pengerjaanya menggunakan bantuan komputer, biasanya dilakukan dengan menggunakan media transfer ( tranfer paper) untuk memindahkan gambar atau tulisan yang akan disablon, adapun penggunaan printer DTG yang saat ini menjadi primadona, Teknik ini banyak memiliki keterbatasan, diataranya; biaya produksi lebih mahal, perawatan mesin dan alat yang juga mahal, serta tingkat presisinya kurang akurat, tidak variatif dan inovatif pada jenis sablonnya (monoton), terbatas hanya pada media yang tipis, seperti T- shirt, sedangkan untuk bahan yang tebal mengalami kesulitan di printheadnya, untuk bahan tebal beresiko merusak printhead pada printernya, seperti bahan sweter dan jaket, kekuatan sablon lebih mudah rontok, cuma ada juga beberapa kelebohannya, lebih hemat waktu pengerjaannya, lebih simple dan efesien, bisa fullcolor.

Untuk agan-agan n nyonya-nyonya ketahui bahwa dlu sebelum dunia komputer menjadi andalan semua dikerjakan secara manual. seperti : undangan pernikahan pake sablon, kartu nama pake sablon, spanduk pake sablon ( dicocor ). pokoknya semua disablon apa gak ribet dan mahal harganya. nah.... ketika perkembangan komputer dan teknologi digital berkembang semua beralih ke teknologi ini. tapi yang manual mempunyai kelebihan khusus. seperti : membuat kartu nama tahan air. Undangan pakai tinta emas, dll.

sampai disni dulu tulisan kami tentang sablon, tapi jangan lupa Hub-i kami SAKTI KREASI jika ada yang mau disablon......haha
THANKS.....................

0 komentar:

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus